7 Refrensi Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia

1. Kopi Arabica Gayo, Sumatera

Sesuai dengan namanya, jenis kopi lokal asli Indonesia yang satu ini berasal dari provinsi Sumatera, lebih tepatnya di Aceh. Kopi arabica asal Negeri Serambi ini memiliki tekstur yang encer tidak terlalu pekat. Tingkat keasamannya sendiri pun terbilang seimbang.

Jenis Kopi Lokal Asli Indonesia yang satu ini tentunya sangat cocok dan pas untuk pemula. Sehingga pas jika dipadukan dengan tela rebus hangat. Nah di Aceh sendiri kopi ini cara penyajiannya dilakukan secara tradisional. Jadi bukan diseduh dengan air panas atau hangat, melainkan kopi dan air direbus kedalam panci hingga mendidih.

2. Kopi Robusta Temanggung

Kemudian jenis kopi lokal asli Indonesia yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Kopi Robusta, ya kopi robusta sendiri merupakan jenis kopi yang dapat ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Tak terkecuali di Temanggung, kopi robusta dikenal dengan aroma yang unik, yakni aroma tembakau yang akan Anda rasakan ketika meminumnya.

Jenis Kopi Robusta sendiri merupakan salah satu andalan Indonesia untuk di ekspor ke mancanegara. Mulai dari Eropa, Timur-Tengah, hingga Amerika Latin, luar biasa bukan?

3. Kopi Arabica Flores

Jenis kopi arabica memang dapat ditemukan diberbagi penjuru Indonesia. Meskipun begitu, Jenis Kopi Arabica Flores memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan berbeda dengan yang lainnya.

Jenis Kopi Asli Indonesia yang satu ini memiliki kekentalan yang cukup pekat namun keasamannya rendah. Taman Delta Indonesia sendiri memiliki produk kopi arabica Flores yang bisa Anda temukan di store Kami.

4. Kopi Arabika Kintamani, Bali

Kopi Kintamani menjadi salah satu kopi yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Tujuan ekspor utama kopi Kintamani memang di tiga negara tersebut. Rasanya unik karena dominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang. 

5. Kopi Arabika Toraja

Jenis Kopi Asli Indonesia yang satu ini ternyata sudah diminati oleh pasaran manacanegara loh. Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor Kopi Toraja diantaranya seperti Amerika dan Jepang. Jenis kopi ini sendiri memriliki karakteristik yang unik, hal ini sesuai dengan kebiasaan minum kopi di sana.

Kopi Toraja biasanya tidak menyisakan after taste pahit, after taste pahit ini bagi sebagian orang dirasa sangat mengganggu. Namun tidak dengan Kopi Arabika Toraja, sensasi pahit yang ditimbulkan biji kopinya hanya ada di awal dan akan hilang dalam sekali teguk.

Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi cenderung punya rasa earthy, alias bersahaja. Kandungan keasaman dari Kopi Arabika Toraja terbilang cukup rendah. Bagaimana? mau coba jenis kopi asli Indonesia yang satu ini?

6. Kopi Arabika Java Ijen Raung

Tahukah sobat? satu kontainer yang berisi Kopi Java Ijen Raung khas Bondowoso pertama kali diekspor pada tahun 2011. Seiring berjalannya waktu, popularitasnya kopi ini kian meroket dan dikenal oleh pasar luar negeri. Dan hingga tahun 2016, Indonesia sudah berhasil mengekspor 43 kontainer dengan berat isi sekitar 858,91 ton kopi, wow!

Kopi asli Indonesia ini memiliki ciri khas unik yakni sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Tingkat keasamannya sedang, tapi cenderung ke asam Jawa daripada citrus. Jadi bagaimana? Anda berminat untuk mencoba kopi asli Indonesia yang satu ini?

7. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau

Berdasarkan situs domaindisperin.riau.go.id, kopi Liberika dari Kepulauan Meranti telah menyabet sertifikasi Indikator Gegrafis (IG), dan dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI. Kopi ini sangat populer di Malaysia dan Singapura sebagai dua negara tujuan ekspor terbesar. (Sumber dari Internet)

Silahkan Berkomentar