Eksploitasi Material Proyek BBWS Rehabiliatasi Jaringan Irigasi tanpa Izin

AWNI-Cirebon. Kunjungan LI Tipikor DPK Kuningan, sesuai pengaduan masyarakat tetkait pengerjaan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di Desa Cimara, Kecamatan Cibeureum. Proyek tersebut yang alokasi dananya diketahui bersumber dari DAK sebesat 1,8 M lebih itu dilaporkan oleh masyarakat setempat. Pasalnya CV. Putra Persada dalam pengerjaannya tidak sesuai dengan RAB, sebab mengoeksploitasi sebagian bahan bangunan material pasir dan batu dari sungai tersebut yang diekploitasi secara sepihak tanpa ada kejelasan hukum yang pasti.

LI Tipikor menelusuri pembangunan rehabilitasi jarimgan irigasi yang dari awal perintisannya ditengarai bermasalah, dengan mendatangi proyek tersebut, LI Tipikor berharap mendapat kejelasan dasar ekploitasi terdebut, kemudian melakukan koordinasi dengan pihak Lingkungan Hidup diterima oleh Jumhari ST. MT selaku KaBid Konservasi Lingkungan Hidup, “memang benar dulu adalah kewenangan dinas lingkungan hidup, tapi setelah diberlakukannya undang-undang 23 tahun 2014 kewenangan tetsebut telah dilimpahkan ke BBWS”, terangnya.

Sementara ketika ketua LI Tipikor DPK Kuningan Toto Kristina bersama wartawan AWNI melanjutkan investigasi ke pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung, dengan mengirim surat tentang izin penambangan di proyek bendungan tersebut.
Namun sayang sekali, jawaban dari pihak BBWS tidak menemui titik terang. Bahwasanya kegiatan tersebut bukan wewenang pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung.

Tidak ingin kehilangan moment liputan, kemudian wartawan AWNI langsung melanjutkan penelusurannya ke lokasi proyek yang ditunjuk warga. Di lokasi ini, wartawan AWNI berhasil menemukan kegiatan yang memang bahan baku pasir dan batu dieksploitasi untuk proyek di luar anggaran, artinya dana yang sudah dianggarkan untuk bahan baku dialokasikan untuk kepentingan apa.

Kejanggalan yang harus dipertanyakan dan ditindak, CV. Putra Persada melaksanakan proyek tersebut atas izin siapa, BBWS atau Dinas Lingkungan Hidup. (Iwan/ Toto Kristina LI Tipikor DPK Kuningan)

Silahkan Berkomentar