Lanal Cirebon Gelar Apel Siaga Satgas Bencana Alam

Apel Kesiapsiagaan Satgas Bencana Alam, di Mako Lanal Cirebon, Rabu (08/01/2020). Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon siap membantu Pemerintah Daerah (pemda) dalam menanggulangi bencana alam, kekuatan satu peleton disiapkan untuk siaga jika dibutuhkan itupun di bawah koordinator Pemda Kota atau Kabupaten. Tanggungjawab tersebut Lanal bekerja sama dengan instansi lain diantaranya, BASARNAS, BPBD, Polair Polda Jabar dan Polres, Polsek serta Kodim atau Koramil setempat.

“Untuk siaga bencana atau laka laut kita siapkan kapal patroli masing-masing lima personil dengan perahu karet lengkap. Kita juga koordinasi dengan instansi lain seperti Polairud, BMKG dan KSOP,” kata Letkol Laut Agung Nugroho selaku Komandan Pangkalan TNI AL Cirebon.

Agung menyebutkan, beberapa titik rawan bencana banjir yang ada di kota Cirebon di antaranya, Kecamatan Harjamukti, Pekalipan, Kesambi, dan beberapa wilayah lainnya. “Sementara di Kabupaten Cirebon, titik rawan banjir, Ciledug, Gebang, Ciwaringin, Depok, Gempol, Kepetakan. Sejauh ini laporan di lapangan belum ada kejadian,” tambahnya.

Agung usai apel menyebutkan, cuaca ekstrim yang terjadi di perairan Pantura Jawa Barat sejak Desember sampai Februari. Tinggi gelombang rata-rata mencapai 1,5 meter sampai 2 meter. “Kondisi tersebut sangat tidak bersahabat untuk nelayan Cirebon tradisional dengan kapal yang panjang 10 sampai 15 meter,” kata dia.

Dia mengimbau nelayan ataupun kapal wisata agar berhati-hati. Jika tidak ada kondisi yang sangat penting maka disarankan agar tidak menggunakan jalur laut. (Ind/ Iwan)

Silahkan Berkomentar