Manfaat Kopi Wine

Jika diolah secara tepat, kopi wine atau kopi fermentasi memiliki beberapa manfaat yang baik, salah satunya memiliki kandungan prebiotik yang baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Lebih mudah dicerna Proses fermentasi yang terjadi pada kopi dapat membuat zat yang awalnya sulit dicerna berubah menjadi molekul sederhana yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Ini dikarenakan kopi fermentasi memiliki kandungan senyawa kimia tertentu yang lebih rendah dibandingkan kopi biasa.

Tidak memicu iritasi usus Penderita gangguan usus besar (Irritable Bowel Syndrome/IBS) umumnya tidak boleh mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein. Tetapi hal ini berbeda dengan kopi wine sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita IBS karena tidak menimbulkan iritasi.

Kandungan kopi lebih baik Bakteri atau mikroorganisme spesifik yang terdapat dalam proses fermentasi dapat menghambat pertumbuhan jamur sehingga membuat kualitas kopi lebih tahan lama dan tanpa merusak biji kopi, sehingga kopi yang diminum akan lebih bersih dan aman. Tetapi jangan sampai terjadi over fermentation karena akan menimbulkan kerusakan pada biji kopi.

Memperkuat rasa dan aroma kopi Melalui proses fermentasi yang tepat, rasa dan aroma kopi akan cenderung lebih unik dan kuat. Hal ini juga dapat mengurangi rasa pahit yang terkandung pada kopi dan meningkatkan kualitas kopi secara keseluruhan.

Mengandung sedikit tanin Kandungan tanin umumnya terdapat pada kopi, teh, anggur, bir dan beberapa makanan dan minuman lain yang dapat menyebabkan gigi berwarna kuning karena struktur kimia yang terdapat di dalamnya. Namun kopi fermentasi memiliki kadar tanin yang lebih rendah sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan pada gigi. (Honest Doc)

Silahkan Berkomentar