Pemanfaatan Kawasan Model Utilitas Sungai (Kampus) Taman Belajar Cikalong (Tabalong)

Cirebon kota — 24 Januari 2021. Pemanfaatan Kawasan Model Utilitas Sungai (Kampus) Taman Belajar Cikalong (Tabalong) yang berlangsung di Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon

Taman yang diberi nama Taman Bacaan Cikalong (Tabalong) ini banyak menarik perhatian warga yang melintas dan menyempatkan mampir ke taman.
Ada yang menarik dari taman ini yakni beridirnya sebuah bangunan yang berbentuk unik atau berbentuk segitiga. Bangunan tersebut sengaja dibuat sebagi pusat kegiatan belajar atau edukasi sungai dan lingkungan bagi masyarakat.

Menurut Niko Brur, pengelola Tabalong Edukasi ini terbuka untuk masyarakat umum dan pelajar, bangunan di tabalong berbentuk segitiga ini bernuansa Eropa. Namun bangunan ini sebetulnya sama atau mirip dengan rumah adat Tambo di Sulawesi yang dibuat menggunakan sebagian besarnya adalah material kayu, Selain bangunan, di taman tersebut terdapat sejumlah jenis pohon yang khusus ditanam di bantaran sungai.

Menurut Niko Brur, Kita juga tidak membangun di sempadan sungai. Namun jauh dari sempadan sungai dengan bangunan yang juga tidak permanen. Adanya ragam tumbuhan juga memberikan contoh bahwa kawasan sungai harus dijaga sebagai sumber daya air bagi masyarakat.

kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian sungai. Dikatakannya, sungai merupakan kawasan lindung, sumber daya air sedangkan sempadan sungai merupakan kawasan lindung rawan bencana.

Dengan memelihara sungai dan sempadannya, berarti telah menjaga sumber daya air termasuk terhindar dari sejumlah bencana akibat luapan air sungai. (Bimbim)

Silahkan Berkomentar