Pemdes Klayan Bersama Warga Bersihkan Sungai SI Perawan

AWNI- (Kab.Cirebon), Dalam mengantisipasi bencana di musim penghujan Pemerintah Desa (PEMDES) Klayan bersama warga dan perangkat Desa menggelar bakti sosial aksi bersih-bersih sungai si perawan.

Kuwu Klayan Iman Sahudi saat dikomfirmasi AWNI ” Aksi bersih-bersih dilakukan dengan mengangkat eceng gondok sepanjang aliran sungai yang menutupi sungai gerakan sapu bersih eceng gondok ini salah satu upaya untuk mengantisipasi bencana banjir ” pungkasnya Kamis (14/1/2021).

Masyarakat sangat antusias membersihkan dan mengangkut eceng gondok yang menutupi permukaan air, dalam aksi bersih-bersih ini kami bersama masyarakat turun ke sungai dan mengangkat eceng gondok ke atas dan diangkut menggunakan armada mobil beberapa pohon yang condong ke aliran sungai pun ditebang,”Ungkapnya

Sungai si perawan ini merupakan salah satu titik rawan banjir untuk itu kami mengajak masyarakat bersama mencegah banjir dengan membersihkan sungai dari tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di sungai si perawan.

Eceng gondok dapat menyumbat aliran air sehingga saat turun hujan dan debit air sungai meningkat, air kerap melimpas ke rumah-rumah warga di sekitar sungai si perawan.

Gerakan ini pula diimbangi dengan sosialisasi kepada masyarakat tentang menjaga lingkungan, mereka juga diajak bergotong royong membersihkan sampah rumah tangga yang mencemari sungai.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah atau limbah rumah tangga ke sungai karena dapat menyebabkan penumpukan sampah yang dapat memperlambat aliran air sungai,”Ujar Iman juga berpesan kepada seluruh warganya agar selalu menjadi pelopor dan kebersihan di lingkungan manapun, termasuk lingkungan setempat karena kebersihan sebagian dari iman dan menjauhkan dari segala macam penyakit,”Tegasnya. (Prayoga)

Silahkan Berkomentar