Pengukuhan Pengurus Komisariat LIPI PUSPIPTEK

Pengurus Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo) Cabang LIPI pada hari Selasa 09 April 2018 melaksanakan acara pengukuhan Kepengurusan Komisariat LIPI Kawasan PUSPIPTEK yang bertempat di Pusat Penelitian Kimia LIPI Serpong. Pembentukan komisariat LIPI kawasan PUSPIPTEK ini dirasa sangat perlu dilakukan untuk mendukung misi Himpenindo dalam menggalang dan meningkatkan sinergi antar peneliti LIPI, khususnya yang ada di kawasan PUSPIPTEK, meskipun tidak diatur di AD ART Himpenindo yang baru Hasil Kongres II 2018 yang lalu, sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Dewan Pengawas Himpenindo 2018-2023, Agus Fanar Syukri, Ph.D yang ikut hadir menyaksikan pengukuhan tersebut. Hal ini dapat dipahami mengingat kawasan PUSPIPTEK merupakan daerah dengan jumlah peneliti tertinggi, sehingga pembentukan Komisariat LIPI kawasan PUSPIPTEK diharapkan dapat berperan strategis untuk menciptakan peneliti profesional dengan kapasitas dan komptensi yang bisa bersaing dalam level internasional.

Pengukuhan kepengurusan komisariat LIPI Pusiptek dilaksanakan oleh Deputi IPT LIPI, Dr. Agus Haryono dengan  mengangkat Dr. Haznan Abimanyu dari Puslit Kimia LIPI sebagai ketua komisariat LIPI kawasan PUSPIPTEK untuk periode 2019-2020, dengan susunan lengkap kepengurusan dengan masa bakti selama 2 tahun tersebut adalah: Dr Haznan Abimanyu (Ketua), Dr Agus Sukarto W (Sekretaris), Dr Teni Ernawati (Bendahara) dan bidang-bidang: (1) Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis: Dr Wahyu Bambang, Sigit Arianto, M.Sc, Fatayalkadri Citrawati S.T., M.Sc.; (2) Bidang Sosio Kultural: Febty Febriani, Ph.D, Andini Sundowo, M.Si, Wuwus Ardiatna, S.T, M.T; (3) Bidang Manajerial: Dr Ikhlasul Amal, Bayu Utomo, S.T. M.Sc, Dr. Effendi Mabruri, S.T., M.T.

Dalam sambutannya, Dr Agus Haryono Deputi IPT LIPI menyatakan bahwa per 01 Januari 2019 seluruh Pejabat Fungsional Peneliti harus menjadi anggota Himpenindo yang merupakan organisasi profesi peneliti yang telah ditunjuk oleh LIPI sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Peneliti, sesuai dengan PP 11/2017 yang menyatakan bahwa pejabat fungsional harus menjadi anggota organisasi profesi. Himpenindo sebagai organisasi profesi peneliti selain beranggotakan Pejabat Fungsional Peneliti Aparatur Sipil Negara, dapat memperluas keanggotaanya bagi peneliti Non-ASN, termasuk para pensiunan peneliti pun masih dapat menjadi Anggota Himpenindo, selama yang bersangkutan melakukan kegiatan penelitian.

Ketua Komisariat LIPI Kawasan Puspiptek Dr Haznan Abimanyu menyatakan bahwa pada dasarnya kekuatan organisasi profesi adalah pada kewenangan menegakkan etika dan perilaku profesi. Himpenindo pun memiliki kewenangan menegakkan etika dan perilaku peneliti di Indonesia, khususnya bagi seluruh anggotanya, sehingga kewenangan penegakan etika dan perilaku peneliti yang selama ini berada di LIPI sebagai instansi Pembina jabatatan peneliti, akan berpindah ke Himpenindo, sehingga pada acara pengukuhan kepengurusan tersebut, ini juga diadakan seminar & workshop kode etik dan perilaku peneliti dengan narasumber Ibu Wati Hermawati Peneliti Utama P2KMI LIPI (Pappiptek) anggota Komite Etik Peneliti LIPI.

Sekitar 70 peserta dari berbagai instansi seperti LIPI, BPPT dan BATAN ikut menghadiri kegiatan ini, dan Pengurus Komisariat LIPI Kawasan Puspiptek akan menyiapkan program dan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi para peneliti sesuai bidang yang ada, yaitu kompetensi teknis, sosio-kultural dan manajerial. (sumber LIPI)