Program Penghijauan Kelurahan Karyamulya Cirebon

Cirebon –Meski memiliki lahan terbatas, antusias Kelurahan Karyamulya Kota Cirebon untuk melakukan penghijauan dengan memanfaatkan lahan sempit dan menggunakan sistem pertanian perkotaan.

Gagasan yang disampaikan oleh Lurah Karyamulya dalam silaturohim (Kamis, 5/11/20) tersebut diapresiasi oleh AWNI (Aliansi Wartawan Nasional Indonesia). Dijelaskan Lurah Karyamulya Tarmat Wijaya, “penghijauan dilakukan oleh warga dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada dan akan dibuatkan gambar mural dengan memanfaatkan tembok kosong, gambar tersebut berupa silsilah asal muasal wewengkon yang ada di Karyamulya”. Dengan penanaman pohon ini mendorong gerakan rehabilitasi lahan guna mewujudkan program “Karyamulya Hijau”, tambahnya.

Piryanto Ketua AWNI sebagai mitra kerja, sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan masyarakat kelurahan Karyamulya dan berharap dukungan pemerintah daerah dalam mewujudkan program penghijauan. Diharapkan dia, penghijauan ini rutin dilakukan, mengingat lahan hijau sudah menipis dampak dari aktivitas pembangunan perumahan.

Diskusi gagasan tersebut, “Pemerintah hendaknya memberikan pembinaan bimbingan teknis kepada unsur penyelenggara kelurahan terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup agar masyarakat memahami,” jelasnya. (Iwan)

Silahkan Berkomentar