Seduh Kopi Tanpa Alat Kopi Khusus

Seperti kebanyakan pecinta kopi lainnya, mungkin di antaranya yang senang membuat kopi dengan berbagai alat kopi khusus. Contohnya seperti vietnam drip, v60, mokapot, french press ataupun sebagainya. Namun, apakah coffeemates pernah menemukan keadaan di mana suatu pagi saat tidak ada alat kopi. Jangankan Mokapot, french press yang merupakan alat kopi paling sederhana pun tidak ada.

Kita butuh seduhan kopi yang istilah kerennya “Like a Pro”, Seduhan kopi yang nikmat tanpa ampas dinikmati tanpa ribet dengan ampas kopinya. Mungkinkah keadaan ini membuat kita beralih ke kopi instant?.. Jangan terburu-buru untuk minum kopi instan! karena banyak pakar kesehatan menjelaskan dampak buruk kopi instant bagi kesehatan.

Ada beberapa cara seduh kopi manual tanpa alat atau mesin pembuat kopi yang bisa dilakukan.

Seduh Kopi Tubruk Mirip French Press Cara seduh kopi manual tanpa alat kopi “Like a Pro” yang pertama ini paling sederhana. Membuat kopi dengan cara tubruk akan menghasilkan seduhan yang berminyak, tebal dan beraroma. Jika anda membuat kopi tubruk dengan gula gunakan kopi Robusta karena punya karakter kental kuat serta aroma yang menenangkan.

Bahan : Kopi Fresh Biji Ataupun Bubuk. Air Panasnya sekitar 95 derajat celcius. Perbandingan kopi dengan air 1:15 (Jika bubuk kopi kasar gunakan 2 sendok makan dengan 250ml air, Apabila bubuk kopi halus tepung, gunakan 1 sendok makan untuk 250ml air). 2 cangkir (1 untuk pembuat kopi, 1 untuk menghidangkan). Membuat : Jika punya kopi dari biji yang sudah disangrai, tumbuk kopi dengan cara perlahan. Ambil bubuk kopi masukkan ke dalam cangkir, Masak air sampai mendidih, setelah mendidih diamkan selama 1 menit. Siram air panas ke dalam cangkir yang sudah diberi bubuk kopi. Aduk sebentar dan diamkan selama kurleb 3 menit. Ampas kopi akan turun, tuangkan perlahan air kopi ke gelas yang lain. Masukkan gula jika dirasa perlu. Kopi tubruk seperti french press siap dinikmati.

Kopi Rebus Kopi rebus ini bisa dilakukan saat camping atau berkemah, bagi yang ingin membuatnya di rumah juga bisa dengan alat-alat yang biasa terdapat pada perkakas dapur rumah tangga. Perkakas tersebut berupa panci, kompor, centong dan cangkir. Hasil seduh kopi rebus sangat tebal, berminyak, harum dengan kesan karamel.

Bahan : Kopi bubuk halus tepung Robusta. Usahakan menggunakan kopi berbubuk halus jangan kasar. Gula Aren atau Gula putih. Panci agak tinggi karena kopi rebus berbuih. Membuat : Isi panci dengan air yang lebih banyak dibanding ketika menyeduh kopi tubruk. Tambahkan sekitar ¾ air dari biasa, karena air seduhan kali ini akan menguap ¾ nya. Sebab akan menyisakan lumpur kopi di bawah panci yang airnya tidak bisa dikonsumsi. Masukkan kopi dan gula ke dalam air panci, aduk dengan rata. Tempatkan panci dan panaskan di atas kompor atau pemanas lainnya. Tunggu sampai mulai berbuih. Air kopi perlahan berbuih dan kremanya naik ke atas. Jangan tunggu lagi, segera matikan api. Ambil air kopi dan tuangkan ke dalam cangkir. Kopi harum dan pekat siap dinikmati. Kopi rebus ini bisa anda simpan dalam panci saja atau didinginkan dalam kulkas. Jika ingin membuat kopi susu dingin tinggal menambahkan susu dan es batu.

Kopi Kantong atau Kopi Celup Kopi kantong mudah untuk dibawa kemana-mana dan bisa menikmati kopi enak tanpa ampas di manapun. Ini salah satu cara menikmati kopi asli bukan instant tanpa mesin dan alat kopi apapun. Hanya butuh cangkir dan air panas saja, kopi kantong digantungkan atas gelas kemudian perlahan disiramkan air panas.

Bahan : Kopi celup dan kopi kantong. Dengan membuat bungkusan kopi celup bisa dibawa kemanapun ketika traveling. Tidak lagi membutuhkan alat-alat kopi yang ribet.

Itulah seduh kopi manual tanpa alat kopi yang nikmat Like a Pro. Tujuan dari cara-cara di atas adalah agar bisa menyeduh kopi dalam keadaan apapun dan darurat. Bisa juga sebagai harian rutinitas kegiatan seduh kopi di rumah, di kantor, di kampus atau di tempat rekreasi. Jangan sampai kehilangan manfaat kopi dalam satu hari karena tidak ada alat kopi.

Mau tidak ribet lagi, datang aja ke kedai kopi terdekat dan minta dibuatkan kopi yang paling enak atau pesan kopi dalam kemasan botol menggunakan jasa antar seperti kopi produksi Tn. Takur dengan tag “KOPI BIASA SEBAB ANDA BIASA NGOPI”. (dari web AKL)

Silahkan Berkomentar