Semangat membangun petani gedong gincu membentuk Kelompok Tani

Cirebon-Antusias para petani gedong gincu untuk memajukan pertanian khususnya dalam hasil pertanian dan manajemen hasil pertanian, dengan membuat Kelompok Tani Bunut Jaya. Desa Girinata, Kab. Cirebon, Selas (29/9/2020).

Pertemuan di tempat tinggal Yadi Supriadi Ketua Kelompok Tani Bunut Jaya guna terciptanya suasana keakraban dalam pertemuan yang dihadiri oleh para petani mangga gedong gincu, para sesepuh, PPL Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon serta perwakilan dari aparat desa Girinata.
“Saya berharap dengan terbentuknya kelompok tani ini dapat menjadikan sesuatu yang lebih dari segi bobotan dari penghasilan perekonomiannya, hasil pertaniannya lebih tersalurkan dengan baik dan bisa menunjang perekonomian masyarakat, terutama anggotanya dengan memanajemen dan memasarkan dari hasil pertanian menjadi lebih berkualitas dari harganya maupun berkualitas dari produk hasil pertaniannya, dan akan menjadi produk unggulan” Ujar Angga Permana aparat Desa Girinata.

Hasil pertanian yang baik diperlukan juga sarana dan prasarana yang menunjang hasil produksi pertanian, salah satunya bibit yang unggul, pemupukan yang cukup serta sarana penunjang akses jalan untuk mengangkut Pupuk dan hasil pertanian.
Untuk mendapatkan pemasaran dengan hasil dan nilai yang lebih baik, selain manajemen melalui dibentuknya KOPTAN, sarana penunjang pemasaran yang harus terpenuhi seperti gudang untuk menampung semua hasil pertanian. Khususnya petani anggota kelompok tani.

“Kami sebagai Pembina di lapangan insya ‘a ALLAH akan membantu maksimal sesuai dengan tupoksi saya sebagai Penyuluh yang ada di lapangan, kami sangat senang dengan adanya kegiatan sepeti ini karena dengan kelompok tani dapat membantu tugas-tugas kami di lapangan, khususnya dalam menerima dan memberikan informasi kepada petani” jelas Suwardi PPL Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon.

“Saya mendukung atas dibentuknya kelompok tani ini, karena jelas tidak diragukan lagi anggaotanya memiliki lahan yang tetap, kami memohon bimbingan dan bantuan dari pihak pemerintah khususnya dalam bidang Pertanian dan saya berharap bisa sampai ke tingkat Kementrian Pusat” harap Haji Riadi Sesepuh Petani Gedong Gincu. (Iwn)

Silahkan Berkomentar