UD Cahaya Sejati Makmur Menipu Korban Undian Berhadiah Palsu

Cirebon_Modus penipuan melalui kupon undian berhasil diungkap. Perusahaan berjenis Usaha Dagang (UD) Cahaya Sejati Makmur (CSM) itu, mengiming-imingi konsumen dengan berbagai macam hadiah dengan terlebih dahulu menyetorkan sejumlah uang.

Informasi yang dihimpun dari salah satu korban, menyebutkan kasus bermula ketika korban yakni inisial R menerima voucher atau selebaran berupa amplop undian dari seorang staff yang mengaku dari UD Cahaya Sejati Makmur. Kemudian seorang staff tersebut berusaha meminta korban datang ke kantor yang berada di Jl. Cipto, Ruko CSB, Kota Cirebon, untuk mengambil undian.

Setibanya di kantor, korban diarahkan bertemu dengan Sopyan yang mengaku sebagai supervisior. Untuk meyakinkan korban, si pelaku dibantu temannya Yoni menjamin dan meyakinkan bahwa korban akan diberikan uang pengganti Rp. 20 juta apabila kuponnya kosong, sehingga korban tertarik mau membayar juga menandatangani surat pernyataan.

Sebelum proses tersebut ada tahapan yang harus dipenuhi, “Jika ingin menggosok hologram harus mengikuti persyaratan yaitu harus serahkan uang sebesar Rp 13.999.000 dan menandatangani surat pernyataan”.

Korban juga diimingi kemungkinan mendapatkan motor, mobil, uang tunai, barang elektronik bahkan logam mulia.

Alhasil, korban diperkenankan untuk menggosok hologram dan tidak berhasil mendapatkan barang yang diyakinkan si pelaku.

Lantas korban merasa harga barang undian itu tidak sebanding dengan uang yang ia berikan. Peristiwa penipuan itu terbongkar setelah korban menceritakan ke rekan Media dan LSM..

Modusnya masing-masing tersangka memiliki peran. Misalnya unit marketing, mereka adalah penyebar brosur kupon kepada konsumen secara acak dan memikat konsumen untuk mengikuti program pesta berhadiah yang diselenggarakan UD CSM.

Setiap staf marketing akan mendapatkan Rp700.000 untuk setiap satu konsumen yang mengikuti undian.

Sedangkan unit supervisor ialah membujuk konsumen saat berada di kantor CSM dan menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh konsumen jika mau menggosok hologram kupon.

Setiap supervisor akan mendapatkan Rp300.000 bagi setiap konsumen yang mengikuti program. Selanjutnya, pemilik perusahaan CSM berperan mengadakan program dan menjalankan undian.

Karena usaha serupa tidak sesuai Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 14/A/HUK/2006 tentang Izin Undian.

Para pelaku disangkakan Pasal 8 dan/atau Pasal 9 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. (Bimbim)

15 thoughts on “UD Cahaya Sejati Makmur Menipu Korban Undian Berhadiah Palsu

      1. Di surabaya juga ada. Teman saya hampir saja ketipu. Mas nya bagi2 voucher depan Superindo Jemursari. Kantornya di Ngagel, masuk ruko…dekat kantor tuperware.

  1. saya juga hampir ketipu hari minggu kemarin, kantor mereka ada jg semarang, di jalan wonodri.
    Kalau ada yg sudah lapor dan butuh dukungan, telp saya di 085802789652

  2. Hati hati, dia juga sebar kupon di deket bank, ibu saya hampir kena korban setelah keluar dari bank btn, ngaku staff trus disuruh dateng kekantor wonodri

    1. Karena curiga, sy mencoba search digoogle dan ketemu website ini. Sepertinya di surabya masih baru

  3. Sy kemarin minggu 27/06/21 didatangi salesnya di superindo ngaliyan, semarang.
    Niat lbh kepada mau bantu salesnya karena katanya akqn diangkat jd karyawan tetap klu dpt org yg berhasil dpt kupon berkah rejeki.
    Singkat cerita sy datangi bersama sales (dicky) kantornya di wonodri.
    Setelah dijelaskan, rasanya gk masuk akal 14 jt dikasihkan ke mereka hanya dpt barang yg tidak diperlukan.
    Dan hadiahnya ada yg gk sebanding dgn 14 jt. Iya klu dpt hadiah utama (mbl agya). Akhirnya sy tolak.
    Dan searching di google terdampar di komen ini….
    Alhamdulillah sy selamat 14 jt. Tapi kupon kfc 10 rb msh sy pegang….😊

  4. saya kemarin dana sudah masuk, tapi alhamdulillah bisa saya tarik kembali, meskipun awalnya si supervisor ngotot barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan, padahal alasan tersebut jelas jelas melanggar uu no 8 tahun 1999 pasal 18 dengan ancaman pidana kurungan 5 tahun penjara atau denda maksimal 2.000.000.000
    insyaallah selama barang masih belum dipakai, dana masih bisa ditarik kembali.
    dan bagi sedulur sedulurku yang merasa dirugikan ada baiknya bersama sama kita membuat surat aduan kepada pihak yang berwajib, agar tidak ada lagi sedulur kita yang akan dirugikan lagi
    saya memiliki beberapa alat bukti alangkah lebih baik jika diperkuat dengan alat bukti yang lain serta tambahan kesaksian dari para sedulurku. ini no hp saya 085107550343
    kalau memang setuju bergerak bersama mari kita berkoordinasi
    Maturnuwun

  5. Emang sih jualan produk yaa pihak sana menjelaskan nya. Ya gmna kita mau beli atau tidk nya.kalaupun keberatan bisa dikembalikan.

Silahkan Berkomentar